1)PENGERTIAN DAN MANFAAT INTERNET
 A. PENGERTIAN INTERNET
Pengertian internet (interconnection networking) sendiri adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain sebagainya. Awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui sebuah proyek yang disebut dengan ARPANET. Misi awal dari proyek ini awalnya hanya untuk keperluan militer saja, tetapi lambat laun terus berkembang dan bisa dinikmati oleh semua kalangan.
Para pencetus ARPANET
Para pendiri proyek ARPANET
Pada awal perkembangannya, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sebuah jaringan yang bertujuan untuk menghubungkan komputer-komputeryang ada di berbagai daerah, sehingga memungkinkan penyimpanan data di banyak tempat dan jika terjadi kondisi perang, data yang dimiliki oleh Amerika tidak mudah bocor ke tempat lain.
Terciptanya internet telah membawa perubahan yang sangat berarti dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Selain itu, internet juga telah melahirkan dunia baru yang memiliki pola, corak sekaligus karakteristik yang berbeda dengan dunia nyata.



B. FUNGSI DAN MANFAAT
Dibalik kemudahan dalam mengakses internet, terdapat banyak manfaat yang akan kita peroleh sebagai pengguna internet. Berikut beberapa fungsi/ manfaat dari penggunaan internet :
Ø Menambah Wawasan dan Pengetahuan
pengertian internet
Perbanyak wawasan dengan internet
Dengan adanya internet, kita jadi lebih tahu mengenai berbagai wawasan dan pengetahuan dari berbagai bidang dari seluruh dunia. Terutama bagi pelajar, internet mempermudah mereka dalam mencari informasi yang berkaitan dengan pelajaran mereka. Pelajar juga dapat melihat berbagai macam video di Youtube yang tentunya akan menunjang pendidikan mereka. Banyak video edukasi yang bertebaran di Youtube, anda pun juga dapat mendownload video-video tersebut. Untuk cara download video youtube, sudah pernah saya jelaskan sebelumnya.
Asalkan terhubung dengan internet, kini rasanya orang dapat belajar apapun baik secara gratis maupun berbayar. Misalnya saja, jika ingin belajar bahasa asing, situs duolingo.commenawarkan paket-paket pembelajaran yang dapat diakses secara gratis. Jika ingin belajar berbagai macam topik yang dibahas di bangku kuliah, situs Khan Academy dapat menjadi salah satu solusinya. Begitu pula dengan belajar mengenai coding komputer, Code Academy dapat menjadi salah satu alternatifnya.
Ø Komunikasi Menjadi Lebih Cepat
Perkembangan internet yang semakin menjadi-jadi membuat komunikasi antar individu menjadi sangat mudah dan cepat. Kita juga dapat berkomunikasi dengan orang luar negri sekalipun dengan biaya yang relatif murah. Selain itu, sudah banyak jejaring sosial seperti Facebook yang digunakan pengguna internet untuk berkenalan dan menemukan teman baru di sana. Tidak sedikit juga dari mereka yang ngobrol/ chatting dengan kerabat mereka menggunakan jejaring sosial ini.
Bandingkan misalnya dengan beberapa puluh tahun silam sebelum internet ditemukan. Untuk mengobrol dengan orang yang tidak berada dalam satu kota, paling tidak harus mengunjungi wartel untuk menyewa telepon. Belum lagi biaya untuk berkomunikasi yang jika dilakukan semakin lama, maka semakin mahal pula harganya. Kini, komunikasi dengan orang lain seakan semakin mudah dan murah dengan berbagai aplikasi PC atau smartphone yang terhubung melalui internet.
Ø Mudahnya Belanja di Internet
manfaat internet
Belanja melalui internet
Dengan meledaknya penggunaan internet, semakin banyak orang yang tertarik melakukan belanja online. Saat ini, banyak orang yang lebih suka belanja online karena dianggap lebih mudah dan efisien. Salah satu keuntungan dari belanja online adalah kita tidak perlu keluar rumah untuk membeli barang yang kita butuhkan. Selain itu, ketika jam kerja sangat sibuk atau tidak teratur, belanja online merupakan pilihan yang terbaik untuk membeli barang tanpa harus menyita banyak waktu.
Lagipula, biasanya para pedagang online pun menjajakan barangnya dengan harga yang berkali lipat lebih murah dibandingkan dengan barang-barang yang dijual di toko atau mall. Masuk akal sebenarnya, karena untuk membuka toko online tidak diperlukan ongkos sewa tempat yang cukup mahal. Pembeli dan penjual pun sama-sama diuntungkan dengan semakin mudahnya belanja di internet. Tak hanya barang-barang seperti pakaian, tas, dan sepatu, bahkan kini memesan makanan pun semudah membuka aplikasi yang terhubung dengan internet.
Ø Internet sebagai Wahana Hiburan
Internet juga berperan sebagai “Penghibur” bagi anda yang sedang gelisah atau galau memikirkan sesuatu. Anda bisa menghibur diri dengan mengakses jejaring sosial, mendengarkan musik, streaming video atau main game. Untuk mendengarkan musik misalnya, pengguna internet dapat memanfaatkan situs Youtube atau Spotify. Jejaring sosial dapat diakses kapanpun dan dimanapun ketika senggang melalui internet.
Dengan adanya banyak jejaring sosial saat ini, bahkan hal sesederhana like atau komentar dari seseorang tentang segala hal yang kita posting pun dapat menjadi hiburan tersendiri, bahwa ada orang lain yang peduli dan menyukai hal-hal yang kita bagikan.
Ø Berbagi Apapun Menjadi Lebih Mudah
Berbagi Apapun Menjadi Lebih Mudah
Berbagi apapun jauh lebih cepat dan praktis
Dengan adanya internet, kita bisa berbagi apapun yang kita punya, seperti pengalaman, tutorial, resep, dan lain sebagainya melalui akun media sosial atau blog pribadi. Saat ini banyak orang yang lebih suka menggunakan blog pribadi untuk berbagi hal yang mereka punya. Terdapat puluhan platform yang bisa anda gunakan untuk membuat blog gratis, seperti bloggerdan wordpress. Untuk tutorial cara membuat blog sudah pernah saya bahas sebelumnya.
Tidak hanya melalui blog saja, bahkan semakin lama internet semakin mewadahi penggunanya untuk topik-topik yang spesifik. Untuk kumpulan resep misalnya, pengguna internet dapat berbagi resep melalui Cookpad. Ketika berjalan-jalan pun, rasanya belum lengkap jika belum berbagi kebahagiaan dengan memposting foto-foto ke Instagram, update status di Facebook, check in di Path, sambil berkomentar tentang hal yang menarik di Twitter.
Ø Memudahkan Mencari Lowongan Pekerjaan
Selain mudahnya mencari informasi di internet, anda juga dapat mencari lowongan pekerjaan di internet dengan mudah. Internet telah menjadi wadah tersendiri bagi anda untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah melalui situs-situs yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan.
Para perekrut calon karyawan baru pun biasanya juga melakukan riset terlebih dahulu mengenai diri Anda di internet, misalnya melalui LinkedIn yang memuat CV seseorang secara online, melalui pemikiran-pemikiran seseorang di akun media sosialnya, dan sebagainya. Oleh karena itu, usahakan selalu tampilkan citra yang baik di internet.
Beberapa contoh situs yang dapat dimanfaatkan untuk mencari lowongan pekerjaan adalah Jobstreet, Qerja, dan masih banyak lagi. Bahkan kini setiap universitas pun memiliki situs karir tersendiri yang selalu update mengenai lowongan-lowongan kerja yang ada untuk memudahkan para alumninya.
Ø Pentingnya Internet dalam Dunia Bisnis
dampak negatif internet
Peran internet yang begitu penting dalam dunia bisnis
Mengingat internet dapat dimanfaatkan dalam segala bidang termasuk dalam bidang bisnis, maka tak sedikit para pelaku bisnis menggunakan internet demi menunjang bisnis mereka. Banyak orang yang telah menemukan berbagai manfaat internet untuk bisnis mereka. Bahkan ada yang dinamakan bisnis online dimana peran internet sebagai bisnis utama.
Dengan adanya internet, orang-orang yang kreatif menjadi lebih dihargai dan dapat memanfaatkan kekreatifannya untuk dijadikan sebuah bisnis. Misalnya saja, jika anda jago membuat video yang kira-kira akan disukai banyak orang, maka unggahlah video tersebut di Youtube dan daftarkan akunnya pada Google Adsense yang akan membayar anda setiap kali ada orang mengklik iklan yang terdapat pada video anda. Berbagai bisnis lain juga dapat dilakoni melalui jaringan internet seperti berjualan online, menawarkan jasa untuk mengajar berbagai macam hal, dan masih banyak lagi.



2)TENTANG BROWSER
A.PENGERTIAN WEB BROWSER
pengertian web browser
pengertian web browser
Web browser adalah suatu program, software, aplikasi atau perangkat yang digunakan untuk mencari atau menjelajahi informasi di dalam jaringan internet dari sebuah media seperti situs, blog, jejaring sosial, dan lain sebagainya yang tersimpan di dalam internet. Tentunya kamu tidak asing lagi dengan nama-nama web browser seperti Chrome, Firefox, Opera, Safari dan lain-lain.
Pengertian web browser menurut Wikipedia adalah sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan mengambil, menyajikan, dan melintasi berbagai sumber informasi yang ada didalam jaringan internet (world wide web). Sumber-sumber informasi yang dimaksud itu terdiri dari berbagai macam bentuk seperti misalnya berupa halaman situs, gambar, video, infografis, konten, dan yang lainnya.
B. FUNGSI BROWSER fungsi web browser
fungsi web browser
Saat ini hampir setiap hari pengguna internet pasti tidak bisa terlepas dari penggunaan web browser, baik untuk membaca berita maupun menemukan informasi lainnya. Web browser memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Membuka Laman Website

Fungsi web browser yang paling menonjol ialah pada kemampuannya untuk mengarahkan pengguna pada alamat website yang dituju. Dengan menggunakan web browser seseorang bisa langsung menuju alamat dimana ia akan mengakses data, sementara itu jika menggunakan search engine maka ia hanya akan mendapatkan beberapa website yang sesuai dengan kata kunci (keyword) yang dimasukkan.

2. Memastikan Keamanan Suatu Web

Bisanya dalam web browser juga terdapat proses authentication atau proses verifikasi suatu website atau laman dan juga untuk memastikan bahwa laman tersebut tidak berbahaya bagi perangkat jika dikunjungi, misalnya untuk menghindarkan perangkat komputer atau gadget dari virus yang bisa menyebabkan kerusakan pada sistem komputer.

3. Mendukung Permintaan Data

Fungsi lain dari web browser adalah untuk mendukung permintaan data yang dibutuhkan oleh pengguna yang dikenal dengan istilah requesting supporting data item
. Hampir seluruh alamat web yang ada di internet bisa diakses dengan menggunakan web browser dan data yang berupa foto atau media lainnya dapat disimpan (download) secara langsung dalam dokumen komputer.

4. Mengumpulkan Data Dan Memaksimalkan Tampilan

Selain memberikan akses pada laman yang dituju secara langsung, web browser juga berfungsi dalam mengumpulkan seluruh data pada suatu website termasuk efek yang ada di dalamnya sehingga laman web tersebut dapat ditampilkan dengan lebih baik dan maksimal. Tidak hanya menampilkan teks, web browser juga bisa menampilkan video, foto dan audio pada suatu laman.

5. Mendukung Penggunaan Search Engine

Mesin pencari atau search engine secara umum merupakan bagian dari web browser sehingga pengguna bisa mencari data dengan lebih mudah dan lebih cepat tanpa harus mengetikkan alamat pada address bar dalam menu web browser.
C. MANFAAT BROWSER
manfaat web browser
manfaat web browser
Ketahuilah bahwa sesuatu dibuat atau diciptakan tentu untuk dapat diambil manfaat dari apa yang diciptakannya atau dibuatnya tersebut. Begitu juga dengan didibuatnya web browser, dibuat untuk dapat diambil manfaatnya dari web browser tersebut. Dan inilah beberapa manfaat dari web browser yang harus kamu ketahui:
Web browser digunakan untuk bisa mengakses informasi-informasi yang bermanfaat baik itu mengenai pendidikan maupun non pendidikan.
Web browser dapat mempermudah kita dalam mengakses informasi kepada media-media seperti misalnya situs, blog, gambar, video, dll.
Web browser juga bisa digunakan untuk sebagai media untuk berjejaring sosial misalnya saja melalui Facebook, Twitter, Google Plus, dll.
Web browser dapat menyimpan file-file yang kita cari ketika menjelajah internet, kita juga bisa mem-bookmark situs yang dinggap penting.
Web browser digunakan untuk mengakses mesin pencari (serach engine seperti Google misalnya) yang biasa digunakan untuk mencari informasi.
Dan tentunya masih banyak lagi manfaat dari web browser yang bisa kita gunakan untuk mempermudah aktifitas kita berselancar di dunia maya.
D. CARA KERJA BROWSER
cara kerja web browser
cara kerja web browser
Untuk menggunakan web browser pengguna dapat mengaksesnya dengan sangat mudah. User atau pengguna hanya perlu membuka aplikasi kemudian mengetikkan alamat atau situs yang dituju, biasanya dengan menggunakan format WWW (world wide web) atau mengetikkan URL (Uniform Source Locator) pada address bar dilaman web browser.
Setelah mengetikkan alamat yang dituju maka aplikasi web browser akan memfetching atau mengambil data yang biasanya ditulis dalam kode html.
Alamat web atau url yang kita masukkan pada browser akan mengarahkan browser pada halaman yang dituju. Misalnya saja jika kita memasukkan alamat url http://rejekinomplok.com/ maka browser pertama-tama akan mengakses http atau hypertext transfer protocol atau kadang disebut protocol saja.
3) Macam-Macam Jaringan Komputer
Umumnya jaringan komputer di kelompokkan menjadi 5 kategori, yaitu berdasarkan jangkauan geografis, distribusi sumber informasi/ data, media transmisi data, peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data, dan berdasarkan jenis topologi yang digunakan. Berikut penjabaran lengkapnya :
A. Berdasarkan Jangkauan Geografis
Jaringan LAN
Skema sederhana jaringan LAN
1. LAN
Local Area Network atau yang sering disingkat dengan LAN merupakan jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil saja, semisal warnet, kantor, atau sekolah. Umumnya jaringan LAN luas areanya tidak jauh dari 1 km persegi. Biasanya jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar 10, 100, bahkan 1000 MB/s. Selain menggunakan teknologi Ethernet, tak sedikit juga yang menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-fi untuk jaringan LAN.
2. MAN
Metropolitan Area Network atau MAN merupakan jaringan yang mencakup suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi. Bisa dibilang, jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jangakauan dari jaringan MAN berkisar 10-50 km. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi membuat rancangan menjadi lebih simple.
3. WAN
Wide Area Network atau WAN merupakan jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, semisal sebuah negara bahkan benua. WAN umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain meskipun berada di lokasi yang berbebeda.
B. Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/ Data
Jaringan terpusat dan terdistribusi
Jaringan terpusat dan terdistribusi
1. Jaringan Terpusat
Yang dimaksud jaringan terpusat adalah jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server dimana komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi/ data yang berasal dari komputer server. Dalam jaringan terpusat, terdapat istilah dumb terminal (terminal bisu), dimana terminal ini tidak memiliki alat pemroses data.
2. Jaringan Terdistribusi
Jaringan ini merupakan hasil perpaduan dari beberapa jaringan terpusat sehingga memungkinkan beberapa komputer server dan client yang saling terhubung membentuk suatu sistem jaringan tertentu.
C. Berdasarkan Media Transmisi Data yang Digunakan
Kabel UTP, salah satu media yang digunakan pada jaringan berkabel
Kabel UTP, salah satu media yang digunakan pada wired network
1. Jaringan Berkabel (Wired Network)
Media transmisi data yang digunakan dalam jaringan ini berupa kabel. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya agar bisa saling bertukar informasi/ data atau terhubung dengan internet. Salah satu media transmisi yang digunakan dalam wired network adalah kabel UTP.
2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Dalam jaringan ini diperlukan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi datanya. Berbeda dengan jaringan berkabel (wired network), jaringan ini tidak menggunakan kabel untuk bertukar informasi/ data dengan komputer lain melainkan menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi/ data antar komputer satu dengan komputer lainnya. Wireless adapter, salah satu media transmisi yang digunakan dalam wireless network.
Artikel Terkait:
D. Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data
Model client-server
Model client-server
1. Jaringan Client-Server
Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer server dan komputer client. Biasanya terdiri dari satu komputer server dan beberapa komputer client. Komputer server bertugas menyediakan sumber daya data, sedangkan komputer client hanya dapat menggunakan sumber daya data tersebut.
2. Jaringan Peer to Peer
Dalam jaringan ini, masing-masing komputer, baik itu komputer server maupun komputer client mempunyai kedudukan yang sama. Jadi, komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya komputer client juga dapat menjadi komputer server.
E. Berdasarkan Topologi Jaringan yang Digunakan
Salah satu jenis topologi (topologi bus)
Salah satu jenis topologi (topologi bus)
Topologi jaringan komputer merupakan bentuk/ struktur jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan yang lain. Untuk pembahasan lebih detail mengenai topologi jaringan, silakan baca artikel macam-macam topologi jaringan komputer yang pernah saya tulis sebelumnya.
4) MACAM-MACAM SEARCH ENGINE DAN FUNSINYA
A. MACAM-MACAM SEARCH ENGINE
1.    Google
Merupakan sebuah perusahaan Amerika Serikat yang fokus pada jasa dan produk Internet. Search engine ini didirikan oleh Larry Page alumnus Universitas Michigan dan Sergey Brin. Google berasal dari kata Gogol yang mempunyai arti kata yang menunjukkan sebuah bilangan yang sangat besar jumlahnya melebihi bilangan miliar atau triliun.
Google adalah search engine yang paling populer dan banyak digunakan di dunia maya untuk mencari informasi yang diinginkan, dapat berupa pencarian alamat website, gambar, file, atau mengetahui situs – situs dan topik – topik yang paling populer yang dikunjungi orang melalui google trends.
Dengan adanya Google maka semua masalah yang membutuhkan waktu yang cepat ketika harus mencari file atau data di internet dapat diselesaikan dalam hanya hitungan detik saja. Hanya dengan mengetikan kata kunci yang akan kita cari, maka secara otomatis google akan memberikan jawaban yang diberikan melebihi dari yang kita inginkan.

http://hafni-wulan-s.blog.ugm.ac.id/files/2013/09/google2.png
Kelebihan dari Google :
  • Memiliki tampilan yang sangat sederhana, tidak ada iklan dan news sehingga tidak membingungkan user.
  • Sumber informasi yang dapat mencari seluruh informasi tentang segala bidang secara lengkap dalam kotak mesin pencari pada google.
  • Sebagai alat komunikasi dengan cara membuat suatu e-mail pada gmail dalam google.
  • Google melakukan pengindexan suatu halaman website secara berkala. Sehingga pada saat kita melakukan update web, google akan berkunjung melakukan indexing.
       Kekurangan dari Google :
  • Terkadang menampilkan hasil pencarian informasi yang diinginkan user tidak relevan.
  • Mudah disadap oleh hacker sebagai contohnya e-mail kita yang berada di gmail.
  • Google tidak bisa mengindeks halaman tertentu.
2.    Yahoo!
Merupakan perusahaan multinasional yang berpusat di Sunnyvale,California, Amerika Serikat. Yahoo!Inc. didirkan oleh Jery Yang dan David Filo. Yahoo merupakan singkatan dari “yet another hierarchical officious oracle”.
Yahoo Search engine menyediakan fasilitas email gratis, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian berbagai macam katagori seperti contohnya website, gambar, berita, video, dan audio. Search engine ini selalu menampilkan kata – kata yang mirip dengan kata – kata kunci yang sedang dicari.
http://hafni-wulan-s.blog.ugm.ac.id/files/2013/09/yahoo.png
Kelebihan dari Yahoo :
  • Terdapat fitur e-mail yang banyak disukai oleh pengguna
  • Memiliki fitur yang lengkap
  • Lebih mudah diakses disbanding search engine yang lainnya
  • Kecepatan dan kemudahan dalam mencari informasi
       Kekurangan dari Yahoo :
  • Loadingnya membutuhkan waktu yang lama
  • Software pendukungnya masih kurang
3.    Bing
Search Engine ini merupakan produk dari Microsoft melalui CEO Microsoft “Steve Ballmer”.Bing adalah bentuk reinkarnasi yang dilakukan oleh Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu diantaranya Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.
Bing memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang kuat karena menggunakan teknologi PowerSet. Selain itu dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook dan e-mail.
  http://hafni-wulan-s.blog.ugm.ac.id/files/2013/09/Bing.png
       Kelebihan dari Bing :
  • Memiliki fasilitas instant answer yaitu system mampu memberikan jawaban.
  • Dalam pencarian image atau video Bing mampu menampilkan daftar hasil yang spesifik dan detail.
  • Pengguna tidak perlu mengklik link lagi, akan tetapi hanya mengarahkan kursor pada link tersebut sehingga pengguna dapat menyimak sekilas informasi tentang link tersebut.
       Kekurangan dari Bing :
  • Bing kurang cepat dalam melakukan pencarian
  • Fitur yang dimiliki tidak lengkap
  • Tidak mampu melakukan perhitungan
4.    Altavista

Altvasita adalah mesin pencari web yang dimiliki oleh Yahoo yang terbentuk atas ide dariLouis Monier dan Michael Burrows di Digital Equipment Corporation ‘s Western Research Laboratory. Pada search engine ini pengguna dapat mencari berbagai macam informasi berupa web, gambar, video, berbelanja online, aplikasi dan berita. Altavista juga menyediakan layanan terjemahan bebas, bermerekBabel Fish, yang secara otomatis menterjemahkan tek antara beberapa bahasa.
http://hafni-wulan-s.blog.ugm.ac.id/files/2013/09/altavista.png
Kelebihan dari Altavista :
  • Dalam melakukan pencarian halaman web, video, gambar , MP3, dan file audio lainnya memberikan informasi yang detail.
  • Kemampuan pencarian dokumen dalam format PDF dalam web
  • Altavista mampu mencari berita yang teraktual.
Kekurangan dari Altavista :
  • Dalam pencarian berita yang kurang bagus, sering menampilkan hasil yang tidak ada kaitannya denga tema yang dicari
  • Hanya memiliki sedikit aksesoris seperti Local, Apps image, video dll
5.    Ixquick
Adalah mesin metasearch yang berbasis di New York City dan Belanda. Ixquick didirikan oleh David Bodnick. Mesin pencari ini untuk menawarkan layanan proxy gratis dan secara default enkripsi SSL.
Ixquick merupakan mesin pencari yang melakukan pencarian di banyak situs mesin pencari sekaligus. Pengguna dapat menentukan mesin pencari-mesin pencari mana saja yang perlu ditelusuri oleh IxQuick, atau menentukan seluruh mesin pencari yang tersedia. Semakin banyak mesin pencari yang ditandai, tentu saja akan semakin lama proses pencarian yang dilakukan.
http://hafni-wulan-s.blog.ugm.ac.id/files/2013/09/ix.png
Kelebihan dari Ixquick :
  • Menawarkan fasilitas pencarian web, “international phone directory”, video, dan gambar
  • Privasi pengguna sangat diutamakan
  • Pengguna dapat mengganti tema sendiri
Kekurangan dari Ixquick :
  • Masih memiliki kecepatan yang standar
6.Gigablast
Adalah mesin pencari yang sering mendapat julukan sebagai The Green Engine ini dibuat oleh Matt Wells. Gigablast didirikan dengan tujuan untuk melakukan pencarian halaman web dengan kemampuan maksimal mesin pencari lain pada zamannya, akan tetapi menggunakan alat seminimum mungkin.

http://hafni-wulan-s.blog.ugm.ac.id/files/2013/09/giga.png
Kelebihan dari Gigablast :
  • Terdapat tanggal pelapor (termasuk tanggal diindeks dan tanggal terakhir diubah)
  • Cached halaman dan link ke Wayback Machine
  • Termasuk PDF dan jenis file lain dan HTML versi cache dari jenis file lainnya
       Kekurangan dari Gigablast :
  • Kecil operasi dengan database lebih kecil sedikit daripada yang lain yang tidak selalu refresh sesering
  • Lacks pemotongan, kedekatan, dan fitur pencarian lanjutan
7.    Aol

Adalah perusahaan Amerika Online,Inc dan merupakan penyelenggara jasa Internet global yang berpusat di New York. AOL didirikan dengan nama Control Video Corporation (CVC). Saat ini AOL melayani banyak perusahaan dalam hal layanan Internet di berbagai negara di dunia, sehingga menjadikan AOL sebagai ISP bersifat Internasional.
http://hafni-wulan-s.blog.ugm.ac.id/files/2013/09/aol.png
Kelebihan dari Aol :
  • Memiliki kecepatan dalam mendownload
  • Dapat membuat surat elektronik
       Kekurangan dari Aol :
  • Mempunyai fitur yang terbatas
  • Mesin pencarian dalam Aol kurang akurat
8.    ASK
Ask ini didirikan oleh Garret Gruener dan David Warthen yang pada awalnya bernama Ask Jeeves. Mesin pencari ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan jawaban dari setiap pertanyaannya.
Selain itu search engine ini  berfungsi untuk mencari informasi berupa gambar, document, video, refrensi, dan berita. Situs ini bisa menjadi alternative sebab masih bisa menemukan situs yang terkubur akibat spam di jejaring mesin pencari lainnya.
http://hafni-wulan-s.blog.ugm.ac.id/files/2013/09/ask.png
Kelebihan dari Ask :
  • Kemampuannya untuk memahami bahasa manusia. Pengguna bisa menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci.
  • Akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan si pengguna
9.    LYCOS
Merupakan mesin pencari yang diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren di Amerika Serikat. Lycos adalah potongan dari nama “Lycosidae”, yaitu nama keluarga laba-laba yang dapat bergerak sangat cepat.
Lycos menggunakan teknologi “spider” untuk menjelajahi website (jaring – jaring situs). Spider di sini adalah terminologi internet untuk suatu robot program, yang dapat melakukan penyusunan index banyak tempat dengan menjelajahi dan merekamnya satu persatu. Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas.

http://hafni-wulan-s.blog.ugm.ac.id/files/2013/09/lycos.png

Kelebihan dari Lycos :
  • Mampu mencari data dengan cepat
  • Menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja.
  • Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
     Kekurangan dari Lycos :
  • Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena  berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
  • Dalam pencarian informasi sering tidak spesifik.
10.    Alltheweb

                    Adalah mesin pencari internet yang berasal dari FTP, doctor tesis Tor Egge di Universitas Norwegia. Ini merupakan salah satu search engine yang tergabung dalam jaringan Yahoo. Alltheweb menyediakan fasilitas pencarian yang meliputi news, picture, video/audio.
http://hafni-wulan-s.blog.ugm.ac.id/files/2013/09/altheweb.png
       Kelebihan dari Alltheweb :
  • Menyediakan fungsi untuk pencarian berita, music, gambar, dan video.
  • Memberikan kemudahan bagi pengguna yaitu dengan adanya menu bantuan yang didakamnya terdapat sejumlah pilihan yang banyak.
Kekurangan dari Alltheweb :
  • Pencarian yang lama dibandingkan dengan mesin pencari lainnya
  • Halaman pencarian hanya dibatasi dengan sebuah garis sehingga membingungkan si pengguna
11.  MSN

Mesin pencari ini diciptakan oleh Microsoft yang terdiri dari mesin, indeks, dan web crawler. MSN merupakan layanan yang hasilnya dikelola oleh Looksmart. MSN menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun direktori  Search engine ini menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.
http://hafni-wulan-s.blog.ugm.ac.id/files/2013/09/msn.png
Kelebihan dari MSN :
  • Mampu mencari video, music, gambar, dan berbagai macam format file special.
      Kekurangan dari MSN :
  • Membutuhkan waktu yang lama ketika melakukan pencarian
  • Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya.
  12.  ZUULA
Hasil pencarian dari mesin pencari ini adalah kumpulan dari banyak mesin pencari, selain itu pengguna bisa menspesifikasi search engine apa yang ingin pengguna dapatkan hasil pencariannya. Situs ini menawarkan informasi dari mesin-mesin pencari lainnya seperti google, Yahoo, MSN, Gigablast, Flickr, Alexa, Accoona, Pixsy dan Mojeek.
http://hafni-wulan-s.blog.ugm.ac.id/files/2013/09/zuula.png
Kelebihan dari Zuula :
  • Memberikan pengguna kemudahan cepat dalam pencarian
  • Pada meta search engine zuula akan menampilkan pencarian terpisah dalam kategori yang berbeda, yaitu web, images, video, news, blog, jobs.
Kekurangan dari Zuula :
  • Zuula tidak mempunyai index database sendiri
B. FUNGSINYA
  • mesin pencari merupakan tempat kebanyakan orang mencari sesuatu via internet. Menurut survei hampir 90% pengguna internet memakai mesin pencari untuk mencari lokasi tertentu di internet. dan di antara mesin pencari yang ada, google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan.
  • Sebagian besar pengguna mesin pencari tidak pernah melewatkan dua halaman pertama dari mesin pencari.
  • Sebagian besar (hampir 70%) pengguna mesin pencari tidak pernah klik pada hasil pencarian sponsor. Dengan demikian, hasil pencarian yang organik (secara alami) akan membuat suatu website memperoleh posisi strategis dalam dunia internet.
  • Di negara-negara maju, porsi penjualan yang dilakukan melalui internet sudah hampir mencapai 20% dari keseluruhan transaksi tahunan.
  • Sebuah informasi yang mudah di akses oleh semua orang baik dalam maupun luar negeri.
  • Memudahkan Masyarakat dalam mencari informasi di internet



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas US KKPI tahun 2018